FAQ

Masalah Ban

  • Dapatkah saya mengemudi dengan ban kempis yang tidak memiliki teknologi run-flat?

    Tidak. Michelin tidak merekomendasikan untuk terus mengemudi tanpa ban berteknologi Run Flat. Run-Flat Tire dari Michelin memiliki penguatan dinding samping yang didesain untuk mendukung beban kendaraan seandainya tekanan turun dan memungkinkan kendaraan tetap mengemudi hingga 50 mil (tergantung pada kondisi jalan dan mengemudi) dengan maksimum kecepatan 50 mph. Ban standar tidak memiliki teknologi ini.

  • Apa itu cedera bahaya jalan?

    Kerusakan bahaya jalan adalah kerusakan yang terjadi saat ban tidak berfungsi karena tusukan, memar, atau rusak yang terjadi selama waktu berkendara normal di jalan yang terawat. Paku, kaca, dan lubang adalah contoh bahaya jalan yang paling umum.

    Hindari melindas benda-benda (misalnya, lubang, batu, trotoar, metal, dan kaca, dll.) yang dapat menyebabkan kerusakan internal pada ban. Kerusakan internal yang tidak terlihat tanpa melepas ban bisa saja terjadi saat ban melindas suatu benda. Terus menggunakan ban yang mengalami kerusakan internal (dan mungkin tidak terlihat secara eksternal) dapat menyebabkan kerusakan ban yang berbahaya. Dugaan kerusakan internal hanya dapat dibuktikan dengan melepas ban dari velgnya dan diperiksa oleh karyawan ban yang terlatih.

  • Apa penyebab keausan tapak bagian tengah?

    Saat keausan tapak bagian tengah lebih cepat dari permukaan tapak yang berdampingan, kemungkinan penyebabnya antara lain pengisian udara berlebihan untuk beban yang diangkut, lebar velg terlalu sempit, salah pemasangan, tapak halus setelah terputar, praktik rotasi ban yang tidak benar, akselerasi yang agresif, atau tekanan angin kurang untuk jenis ban tertentu, seperti ban performa.

    Jika kedalaman tapak pada atau di bawah 1,58 mm (2/32"") pada alur mana pun atau material kawat atau tapak bawah terlihat, ban harus diganti. Jika tapak masih memadai, periksa lebar velg yang tepat dan pemasangan kendaraan serta memeriksa/menyesuaikan tekanan pengisian udara, kemudian rotasi ban agar menjadi aus secara maksimal.

  • Apa yang dapat menyebabkan ban saya menunjukkan Keausan Bahu Satu Sisi?

    Jika bahu tapak pada satu sisi ban menjadi aus lebih cepat dari permukaan tapak yang berdampingan, ini dapat diakibatkan oleh berbagai kondisi, seperti ketidakselarasan bagian depan dan/atau bagian belakang (contohnya, toe atau camber), komponen suspensi yang longgar atau aus, menikung keras, praktik rotasi ban yang tidak benar, salah pemasangan, jalan dengan bagian tengah lebih tinggi (high crown), atau pemasangan tidak seragam.

    Jika kedalaman tapak pada atau di bawah 1,58 mm (2/32"") pada alur mana pun atau jika kawat atau tapak bawah kelihatan, ban harus diganti. Jika tapak masih memadai, periksalah apakah ban telah dipasang dengan benar, kemudian rotasi ban agar menjadi aus secara maksimal.

  • Apa yang dapat menyebabkan ban saya menjadi aus di lebih dari satu tempat di sekelilingya?

    Jika tapak aus di satu atau lebih tempat di sekeliling ban, ini dapat mengindikasikan bantalan/kunci rem, keseimbangan tidak tepat, pemisahan pokok terlokalisasi, komponen suspensi longgar/aus, dudukan/pemasangan bead tidak benar, progresi awal dari sayatan/serpihan/cedera bahaya jalan pada tapak, atau kontaminasi kimiawi. Tekstur permukaan mungkin awalnya telah menunjukkan tanda-tanda abrasi dari ban yang meluncur di jalan, namun permukaan tersebut mungkin telah terjadi karena tampak halus.

    Jika ban dengan lokasi rata dipakai dalam penggunaan ganda, pertimbangkan untuk merotasi satu ban 180 derajat sehubungan dengan lokasi yang rata tersebut pada ban yang lainnya.

    Jika kedalaman tapak pada atau di bawah 1,58 mm (2/32"") pada alur mana pun atau jika kawat atau tapak bawah kelihatan, ban harus diganti.

    Jika penyebab lokasi yang rata tersebut tidak jelas, dealer ban Anda harus menghubungi Departemen Layanan Konsumen kami.

  • Apa yang menyebabkan muka tapak ban saya memperlihatkan satu tulangan lebih tinggi daripada yang lainnya?

    Penampakan berbulu adalah kondisi saat tepi dari setiap tulangan tapak menjadi tepi yang agak bulat pada satu sisi dan tajam pada sisi lainnya. Penyebab paling utama dari kondisi berbulu adalah pengaturan toe-ke dalam yang tidak tepat atau selongsong yang rusak pada suspensi bagian depan. Pengaturan toe harus sedapat mungkin 0 untuk menjadi aus yang optimal.

    Ban harus diisi udara sampai pada tekanan yang diindikasikan pada stiker di bagian dalam pintu pengemudi. Produsen kendaraan telah menetapkan bahwa tekanan tersebut optimal untuk beban, berkendara, pegangan, resistansi gulir, dan performa keausan tapak.

  • Apa yang menyebabkan dinding samping ban saya mulai berubah warna kecokelatan?

    Warna kecokelatan pada dinding samping ban Anda bukanlah cacat. Sumber dari perubahan warna ini dapat bervariasi. Satu kemungkinan adalah bahwa ban mengandung bahan anti-ozon pada bahan campuran karetnya guna memperlambat dampak merugikan paparan terhadap ozon di udara. Bahan anti-ozon ini akan berpindah ke permukaan karet dan meninggalkan penampakan debu kecokelatan. Ini sesungguhnya biasa dan secara teknis tidak mengkhawatirkan. Pada waktunya, tergantung pada penggunaan, perubahan warna ini akan lenyap.

    Kemungkinan penyebab lainnya adalah debu yang terangkat saat berkendara normal atau debu rem yang dihasilkan dari abrasi pedal rem terhadap rotor rem. Kondisi yang disebutkan terakhir ini lebih umum saat rem baru atau baru-baru saja diganti lapisannya. Dalam semua kasus tersebut, kami menyarankan agar Anda terus membersihkan ban dengan sabun lembut dan air.

  • Apa yang menyebabkan ban menjadi aus?

    Keausan tapak atau harapan masa pakai ditentukan oleh banyak faktor:
    Kebiasaan mengemudi dan gaya mengemudi, lokasi geografi, jenis kendaraan, jenis ban, cara kendaraan dirawat, dan cara ban dirawat, dsb.

    Akibatnya, harapan jarak tempuh menjadi tidak mungkin ditentukan.

    Garansi Terbatas kami meliputi kecacatan dalam pengerjaan dan material untuk masa pakai tapak atau enam tahun dari tanggal awal pembelian, mana saja yang terjadi lebih dulu. Kami tidak memberikan garansi jarak tempuh pada ban yang sejak awal dipasang pada kendaraan Anda.

    Kami menyarankan agar Anda meminta ban/kendaraan diperiksa oleh penjual ban yang berpartisipasi di wilayah Anda untuk menentukan adakah kemungkinan masalah mekanis atau perawatan yang dapat berkontribusi pada pola menjadi aus yang cepat atau tidak teratur.

    Kepuasaan Anda penting bagi kami. Mintalah dealer menghubungi kami untuk inspeksi ban karena kami bersedia membantu mengatasi masalah Anda

  • Apa yang menyebabkan Lekukan dinding samping pada ban saya?

    Kondisi ini, terkadang disebut pengombakan dinding samping, adalah karakteristik umum konstruksi ban radial yang murni bersifat visual dan tidak akan memengaruhi performa ban. Lekukan ini lebih dapat terlihat pada ukuran ban lapisan radial yang lebih lebar/lebih besar dan menjadi lebih tampak dengan tekanan pengisian udara yang lebih besar. Gabungan material lapisan pada area dinding samping dapat menyebabkan lekukan sedikit atau tampak bergelombang pada permukaan dinding samping ban saat dipompa. Namun, jika terjadi penggembungan alih-alih lekukan yang tampak pada dinding samping ban, atau jika ada pertanyaan mengenai lekukan dinding samping, mohon hubungi dealer ban untuk meminta inspeksi ban.

  • Apa yang menyebabkan ban saya bersuara keras?

    Suara keras paling sering disebabkan oleh pola keausan tidak merata atau tidak teratur yang mulai terjadi pada ban. 

    Kami menyarankan Anda meminta ban diperiksa oleh penjual ban yang berpartisipasi di area Anda. Untuk mencari dealer di dekat Anda, lihatlah Halaman Kuning pada buku telepon Anda atau gunakan Lokasi Dealer di situs web kami.

  • Apa yang perlu dilakukan jika saya merasakan vibrasi?

    Vibrasi adalah indikasi bahwa mobil Anda memiliki masalah yang perlu diperhatikan. Ban, sistem kemudi, dan sistem suspensi harus selalu dicek untuk membantu menentukan kemungkinan penyebab masalah dan perbaikan terhadap vibrasi tersebut. Jika dibiarkan, vibrasi dapat menyebabkan keausan suspensi dan ban yang berlebihan. Ini dapat berbahaya. Dealer resmi menawarkan diagnosis dan perbaikan dari ahlinya

Kembali ke FAQ