FAQ

Perawatan dan Pemeliharaan ban

  • Apakah kebiasaan mengemudi saya memengaruhi usia ban saya?

    Ya. Berikut adalah beberapa tip untuk membantu memperpanjang usia ban Anda:

    • Jangan mengebut. Kecepatan tinggi dapat menghasilkan panas berlebihan, yang dapat meningkatkan laju keausan ban. Mengemudilah pada batas kecepatan legal yang aman.
    • Hindari menikung cepat pada belokan dan di sekitar tikungan.
    • Hindari mulai jalan lagi dengan cepat dan berhenti dengan tergesa.
    • Jangan mengemudi di tepi jalan atau mengemudi di trotoar, lubang, atau rintangan lain.
  • Apakah ban baru saya perlu perawatan khusus?

    Perawatan khusus tidak diperlukan untuk ban baru Anda. Namun, mengemudilah dengan hati-hati sambil Anda membiasakan diri dengan ban baru tersebut. Mungkin Anda merasakan perbedaan akselerasi, menginjak rem, menikung, atau kemungkinan mengemudi di kondisi basah.

  • Bagaimana dan kapan ban saya perlu dirotasi?

    POLA ROTASI BAN YANG DISUKAI
    Kendaraan Niaga Ringan Penggerak 4 Roda & Penumpang

    Kendaraan Penggerak
    Roda 4&Roda Belakang

    txt

    Depan

    Kendaraan Penggerak
    Roda Depan

    txt

     

    POLA ROTASI KEMUDI GANDA

    Kendaraan Penggerak
    Roda 4&Roda Belakang

    txt

    Depan

    Kendaraan Penggerak
    Roda 4&Roda Belakang

    txt
  • Bagaimana cara merawat ban baru?

    Ban yang dirawat dengan baik dapat memberi Anda pengalaman berkendara yang lebih nyaman dan masa pakai ban yang lebih lama. Jadi:

    • Periksa tekanan ban Anda setiap bulan dengan pengukur tekanan ban (dan pastikan bahwa ban dalam keadaan dingin – setidaknya 3 jam setelah mengemudi).
    • Periksa ban Anda secara teratur untuk mencari goresan, sobekan, tusukan, cedera lainnya, atau keausan ban yang tidak beraturan.
    • Begitu gelagat pertama keausan tapak yang tidak merata muncul, mintalah keselarasan Anda diperiksa.
    • Pastikan keseimbangan pada ban dilakukan saat dipasang pada roda.
    • Rotasi ban Anda dengan mematuhi jadwal pada manual pemilik kendaraan atau seperti yang diwajibkan oleh garansi produsen ban.

    Untuk tip pemeliharaan ban selengkapnya, klik di sini.

  • Berapa kilometer yang bisa ditempuh oleh ban saya?

    Ada banyak faktor yang dapat memengaruhi masa pakai ban Anda, seperti:

    • Bahan campuran tapak
    • Fitur konstruksi
    • Penggunaan kendaraan
    • Pemeliharaan ban
    • Kondisi geografi
    • Kondisi atmosfer
    • Kebiasaan mengemudi
    • Dan masih banyak lagi

    Itulah mengapa jarak tempuh yang pasti tidak mungkin diperkirakan. Berhati-hatilah saat menginjak rem, melakukan akselerasi, dan menikung, dll., untuk membantu memperpanjang masa pakai ban. (Memakai ban dengan teknologi Michelin juga tidak ada ruginya.) Jika Anda mencemaskan laju keausan ban Anda, berkonsultasilah dengan penjual resmi Michelin di wilayah Anda.

  • Bagaimana cara merawat ban di tempat penyimpanan?

    Ban harus disimpan di tempat yang sejuk jauh dari sinar matahari langsung, sumber panas, dan ozon seperti pipa panas dan generator listrik. Paparan pada elemen ini dalam jangka waktu yang lama akan menguras oksidasi ban dan bahan pelapukan dalam bahan campuran ban serta mengakibatkan keretakan. Pastikan bahwa permukaan tempat ban disimpan bersih dan bebas dari pelumas, bahan bakar, atau bahan lain yang dapat merusak karet.

    Untuk pengisian udara pada ban yang dipasang, namun tidak lebih tinggi dari, tekanan angin yang direkomendasikan. Taruh kendaraan pada balok penahan agar dapat melepas beban dari ban.

  • Apakah aman untuk memperbaiki ban kempis?

    Jika ban kehilangan semua atau sebagian besar tekanan anginnya, ban harus dilepas dari roda untuk inspeksi internal secara menyeluruh guna memastikan bahwa ban tidak rusak. Ban yang tetap berjalan saat kempis, bahkan dalam jarak yang pendek, sering kali menyebabkan kerusakan yang tidak dapat diperbaiki lagi. Sebagian besar tusukan, lubang paku, atau goresan hinga 0,6 cm (1/4 inci) - – terbatas pada tapak ban - – mungkin dapat diperbaiki dengan cukup memuaskan oleh karyawan yang terlatih dengan metode yang disetujui industri. Jangan memperbaiki ban yang memiliki tusukan pada tapak lebih besar dari 0,6 cm (1/4 inci), atau tusukan dinding samping. Juga, jangan pernah memperbaiki ban yang keausannya di bawah kedalaman tapak 1/16 inci. Langkah terbaik adalah memastikan bahwa ban cadangan Anda selalu siap melakukan tugasnya. Periksa secara teratur tekanan angin yang tepat dan pastikan ban tersebut dalam keadaan baik. Jika mobil Anda dilengkapi dengan satu dari beberapa jenis cadangan sementara, pastikan Anda memeriksa tekanan pengisian udara, batas kecepatan, dan jarak tempuh yang tepat pada dinding samping ban cadangan. Kunjungi dealer Anda untuk perbaikan ban oleh ahlinya.

  • Adakah jangka waktu untuk mulai merasakan ban baru saya?

    Ban baru harus melaju beberapa ratus mil di jalan yang kering untuk membersihkan tapak dari bahan pemisah dan antioksidan yang diberikan selama produksi. Sampai tapak sedikit kasar barulah ban akan dapat dirasakan mengerahkan tenaga cengkeram sebenarnya.

  • Adakah cara untuk tahu kapan saya perlu ban baru?

    Indikator keausan tapak ("bilah keausan") ditempatkan di dasar alur utama dan berada di tempat yang sama di seluruh ban. Indikator keausan tapak, yang tampak seperti setrip tipis dari karet halus melintang pada tapak, akan muncul saat ban mencapai titik aus. Jika Anda melihat bilah indikator keausan ini, ban tersebut aus dan sudah saatnya diganti. Selalu gantilah ban saat ban tersebut mencapai sisa kedalaman tapak dua per tiga puluh dua inci (2/32").

  • Haruskah saya mengganti ban saya sekarang dengan ban berukuran sama?

    Jangan pernah memilih ukuran yang lebih kecil dari ban yang ada pada mobil tersebut. Ban harus selalu diganti dengan ukuran yang sama - – atau opsi yang disetujui – seperti yang direkomendasikan oleh produsen kendaraan atau dealer resmi

  • Haruskan keseimbangan dilakukan pada ban saya?

    Keseimbangan yang baik penting bagi performa kendaraan yang optimal, khususnya kecepatan jalan bebas hambatan yang lebih tinggi saat ini. Jika pemasangan ban dan roda tidak seimbang, vibrasi dapat berasal dari roda dan perakitan yang bergetar (bergoyang dari sisi ke sisi) atau pemasangan roda terasa berat (ban dan roda melompat naik dan turun). Oleh karena itu, penting agar pemasangan ini memiliki keseimbangan statis dan dinamis

  • Apa itu keselarasan yang baik?

    Kendaraan dikatakan selaras dengan baik saat semua suspensi dan komponen kemudi berjalan baik dan saat pemasangan roda dan ban melaju lurus dan benar. Keselarasan yang baik itu perlu agar keausan tapak merata dan kendaraan memiliki ketepatan kemudi. Keausan ban depan dan belakang yang tidak merata, atau perubahan dalam pegangan atau respons kemudi kendaraan Anda (misalnya, tertarik ke satu sisi) dapat mengindikasikan ketidakselarasan. Banyak kendaraan saat ini dilengkapi dengan suspensi bagian belakang yang dapat disesuaikan untuk keselarasan. Kendaraan Anda mungkin perlu keselarasan "bagian depan" atau keselarasan "empat roda", tergantung pada gejala yang Anda alami. Biaya yang tidak mahal untuk menyelaraskan kendaraan Anda akan terbayar dengan jarak tempuh ban, performa, dan kenyamanan.

  • Apa pendapat Anda mengenai penggunaan nitrogen pada ban?

    Nitrogen adalah gas netral. Nitrogen hanyalah udara kering tanpa oksigen (udara mengandung hampir 79% Nitrogen). Sifat-sifat fisik nitrogen mengurangi hilangnya tekanan yang disebabkan serapan alami material dari ban. Sayangnya, terdapat kemungkinan sumber kebocoran lain (antarmuka velg/ban, katup, antarmuka velg/katup, dan roda), yang tidak menjamin terjaganya tekanan bagi orang yang menggunakan pengisian udara atau nitrogen. Ban yang diproduksi Michelin didesain untuk memberikan performa yang diharapkan dari ban tersebut saat dipompa dengan udara atau nitrogen, selama pengguna mematuhi tekanan yang direkomendasikan oleh produsen kendaraan pada plakat kendaraan atau dari produsen ban. Baik ban dipompa dengan udara ataupun nitrogen, menjaga tekanan dengan teratur tetap penting karena ban yang bertekanan angin kurang menyebabkan:

    • berkurangnya cengkeraman di jalan
    • berkurangnya kapabilitas traksi dalam kondisi basah
    • peningkatan sensitivitas terhadap bahaya jalan
    • berkurangnya masa pakai ban
    • meningkatnya konsumsi bahan bakar
    • berkurangnya usia ban dikarenakan kelebihan panas dari pelenturan yang berlebih
  • Apa yang harus saya perhatikan saat memeriksa ban?

    Selain teratur melakukan perawatan, Anda juga harus memperhatikan kemungkinan masalah yang dapat memengaruhi ban Anda. Inspeksi teratur dapat membantu Anda mencegah masalah ban, dan Anda dapat melaju dengan selamat di jalan. Saat memeriksa ban, perhatikan:

    Keausan tapak yang tidak rata. Ini dapat mencakup keausan yang lebih banyak pada satu sisi tapak daripada tapak lainnya, pola yang berombak, dan keausan rendah, atau kabel baja yang keluar. Keausan yang tidak merata dapat disebabkan oleh masalah seperti tekanan angin kurang, ketidakselarasan, dan keseimbangan tidak tepat.

    Pembuat masalah. Periksalah keberadaan kerikil, pecahan kaca, serpihan metal, dan benda asing lainnya yang mungkin terjepit di dalam tapak, dan dengan hati-hati keluarkanlah mereka. Benda-benda ini dapat menyebabkan masalah serius jika terdorong masuk lebih dalam ke ban saat Anda melaju.

    Area kerusakan. Retakan, goresan, belahan, tusukan, lubang, dan tonjolan di tapak atau pada sisi ban dapat menunjukkan masalah serius, dan ban mungkin perlu diganti.
    Kebocoran perlahan. Ban kehilangan sedikit tekanan angin (sekitar 2 psi) dalam waktu sebulan atau lebih, namun jika Anda harus menambah udara setiap beberapa hari, mintalah ban, roda, dan katup diperiksa – dan jika perlu, perbaiki atau ganti ban tersebut.

    Tutup katup. Tutup kecil pada velg katup ban Anda menjaga kelembapan dan kotoran dari luar, jadi pastikan tutup tersebut terpasang di semua ban Anda. Juga, saat Anda mengganti ban, mintalah velg katup baru dipasang pada saat yang sama.

    Mengemudi dengan ban rusak dapat berbahaya. Jika Anda melihat sesuatu yang meragukan selama masa inspeksi, mintalah dealer ban Anda memeriksanya. Kapan saja Anda melihat kerusakan pada ban, jangan mengemudikannya – gunakan cadangan jika Anda perlu ke suatu tempat. Dan akhirnya, perhatikan "sentuhan" ban Anda saat Anda mengemudi. Perjalanan yang terasa kasar dapat menunjukkan kerusakan ban atau keausan yang berlebihan. Jika Anda perhatikan vibrasi atau gangguan lainnya saat mengemudi, dan/atau Anda menduga kemungkinan kerusakan pada ban atau kendaraan Anda, segera kurangi kecepatan, mengemudilah dengan hati-hati hingga Anda dapat menepi di jalan dengan selamat dan berhenti, lalu periksalah ban Anda. Jika ban rusak, turunkan ban dan gantilah dengan cadangan Anda. Jika Anda tidak melihat kerusakan apa pun pada ban dan tidak dapat mengidentifikasi sumber vibrasi, bawa kendaraan tersebut ke dealer ban untuk inspeksi menyeluruh.

  • Kapan saya harus memeriksakan tekanan angin saya?

    tekanan angin pada ban, termasuk cadangan, harus diperiksa setidaknya setiap bulan dan selalu sebelum mengemudi jauh. Ban harus diperiksa saat ban dalam kondisi dingin (setidaknya tiga jam setelah kendaraan berhenti dan sebelum dikemudikan lebih dari satu mil atau dua kilometer). Jangan mengurangi tekanan angin saat ban dalam kondisi panas; gunakan pengukur tekanan angin untuk memeriksa tekanan dan menjaganya pada level yang direkomendasikan pada plakat kendaraan ban atau pada manual pemilik kendaraan. tekanan angin kurang menghasilkan peregangan ban yang ekstrem dan meningkatkan panas yang dapat menyebabkan kerusakan ban. tekanan angin kurang atau berlebih dapat secara merugikan memengaruhi pegangan kendaraan. Tekanan ban pada kondisi dingin tidak boleh lebih tinggi dari batas yang dipasang pada dinding samping.

  • Di mana saya harus memasang ban jika saya hanya membeli dua?

    Michelin merekomendasikan mengganti keempat ban pada saat bersamaan, namun jika mengganti hanya dua ban baru, pastikan bahwa ban baru memiliki ukuran & jenis ban yang sama seperti ban saat ini dan dealer selalu memasang ban baru di gandar bagian belakang kendaraan. Klik di sini untuk informasi selengkapnya

    Why Put the Two New Tyres on the Rear Axle?

    • Mengapa Menaruh Dua Ban Baru pada Ganda Belakang? 
    • Dibanding ban yang setengah terpakai, ban baru akan memberikan daya cengkeram yang lebih baik di kondisi basah.
    • Ini akan membantu mengurangi potensi kendaraan meliuk-liuk dan kehilangan kestabilan pada kondisi basah
Kembali ke FAQ